• Santiago Roberts posted an update 2 months ago

    SariAgri –  Ketika kita memikirkan tentang perawatan dan pemeliharaan tanaman, seringkali kita berpikir tentang penyiraman, intensitas cahaya, pemupukan bahkan pemangkasan.Namun, salah satu aspek pemeliharaan tanaman yang sering terlupakan adalah membersihkan daun tanaman. Kegiatan ini penting untuk perawatan tanaman, terutama untuk tanaman dengan daun besar yang cenderung mengumpulkan lebih banyak debu, seperti dikutip dari sprouts and stems.Sama halnya dengan permukaan lain di rumah, daun tanaman hias juga dapat menumpuk debu, partikel tanah, bekas air dan kotoran lainnya. Lapisan kotor ini mencegah sinar matahari yang cukup sampai ke daun, sehingga mengurangi kemampuan tanaman berfotosistesis. Untuk itu penting untuk mengetahui cara membersihkan daun tanaman.Ini 4 cara membersihkan daun tanaman hias, seperti dikutip dari laman OSU.1. Semprotkan Air ke Seluruh TanamanMetode termudah untuk membersihkan tanaman hias adalah dengan memindahkan ke wastafel dapur atau pancuran, lalu menyemprotnya. Sebelum menyemprot, penting untuk menguji air untuk memastikannya terhindar dari kotoran yang dapat melukai tanaman.Untuk tanaman kecil yang tidak dapat menahan kekuatan semprotan, kamu dapat membersihkannya dengan cara menahan pangkal tanaman di permukaan tanah, lalu membalikannya ke dalam ember berisi air dan mengibaskan daunnya.2. Bersihkan Daun Satu per SatuUntuk tanaman yang terlalu besar dan sulit bergerak, kamu cukup membersihkan daunnya satu per satu dengan kain lembab. Kemudian untuk mencegah debu menumpuk di daun kamu bisa menggunakan kemoceng setiap kali membersihkan rumah.

    Baca Juga: 7 Tanaman yang Diklaim Ampuh Usir Makhluk Gaib, Ada Daun Kelor Industri Ganja Semakin Melonjak, Ini Dampak Buruknya pada Lingkungan

    3.
    berita hortikultura Pangkas DaunSaat mencucui tanaman, kamu dapat merapikannya lebih lanjut dengan cara memangkas daun yang mati, cokelat dan menguning. Jika daun mudah rontoh, kamu cukup mencabutnya dengan tangan.4. Bersihkan Pot TanamanSetelah semua pembersihan daun sudah dilakukan, penting untuk memperhatikan kondisi pot dalam keadaan baik. Jika garam atau mineral telah membentuk lapisan putih di bagian tepi pot bunga, kamu harus membuang tanaman dan membersihkan pot secara menyeluruh.